Jurnal: Pemanfaatan Radio Frequency Identification (RFID) Untuk Sistem Absensi Pegawai

Tuntutan akan kehadiran perangkat lunak identifikasi otomatis semakin tinggi di dunia modern saat ini, mulai dari kebutuhan pendataan kehadiran karyawan dikantor, kartu akses kendali untuk memasuki ruangan khusus, kartu kredit, smart card, kartu tol, dan kartu multi guna lainnya.
RFID menjadi teknologi yang menarik perhatian saat ini, kelebihan yang dimiliki RFID adalah identifikasi yang dapat dilakukan tanpa kontak fisik, transmisi data tidak harus tegak lurus dengan pembaca dan fisik yang kokoh. Aplikasi java dapat difungsikan sebagai sistem absensi yang melakukan pencatatan jam absen pegawai yang bersangkutan dan juga untuk melaporkan report absen pegawai.

Masih menggunakan kartu print untuk pencatatan absensi pegawai, sulitnya melakukan pencarian dokumen/arsip absensi pegawai yang telah lampau,  perawatan dan pemeliharaan dokumen/arsip dilakukan dengan cara disimpan dirak sehingga ini menimbulkan resiko kerusakan dokumen/arsip bila disimpan dalam waktu lama. Semua ini menjadi masalah absensi pada pegawai di perusahaan – perusahaan.

Tujuan penulisan ini untuk melaporkan proses membuat sebuah aplikasi absensi pegawai dengan memanfaakan RFID Starter Kit, yang nantinya diharapkan dengan dibuatnya sistem ini dapat membantu kinerja pegawai khususnya absensi pegawai agar lebih cepat dan efisien. Selain itu juga diharapkan agar sistem ini dapat memudahkan pegawai untuk melakukan absensi.
Penulisan ini membatasi masalah hanya pada absensi pegawai menggunakan RFID Starter Kit, perekaman data pegawai, perubahan data pegawai, menhapus data pegawai serta perekaman data absensi dan laporan data absensi menggunakan bahasa pemograman java.
Dalam perancangan sistem ini di gunakan beberapa metode, yaitu : pengumpulan data, analisa masalah, desain aplikasi, pembuatan aplikasi,  ujicoba dan evaluasi.

Ketiga paragaf di atas adalah pendahuluan dari jurnal pemanfaatan radio frequency identification (RFID) Untuk sistem Absensi Pegawai yang dibuat oleh hamdy Nasrullah, S. Kom.

Untuk membaca jurnal lengkapnya, silahkan download disini


Comments

Popular posts from this blog

Sistem Pakar Identifikasi Hama dan Penyakit Tanaman Apel Berbasis Web

Sistem Pakar Berbasis Web Identifikasi Penyakit Ayam

Jurnal Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Wajah Berbasis Mobile